Kapal LCT Tenggelam di Perairan Batang Dua, 2 Awak Kapal Dilaporkan Hilang

Ilustrasi.

TERNATE-pm.com, Kapal Landing Craft Tang (LCT) Bahana Putra GT 302 dan dua awak kapal dilaporkan tenggelam dan hilang di perairan Batang Dua, Kota Ternate.

Kepala Basarnas Ternate, Fathur Rahman mengatakan pada pukul 09:31 WIT pihaknya menerima informasi dari Basarnas Manado bahwa satu kapal LCT dengan POB 10 orang tenggelam di perairan Pulau Batang Dua.

"Kecelakaan kapal LCT Bahana Putra tenggelam di 35 NM arah Utara dari Pulau Mayau Batang Dua pada 17 Juni 2023, pukul 14:00 WIT," ungkap Fathur, Senin (19/6/2023).

Ia menuturkan, delapan orang ABK telah dievakuasi KM Bitu menuju Pulau Doi, Halmahera Utara, dan dua orang belum ditemukan, termasuk nakhoda kapal.

Setelah mendapat laporan kejadian tersebut Basarnas Ternate melakukan koordinasi dan menerima informasi dari perusahaan kapal bahwa delapan orang korban selamat telah dijemput kapal Lionel Makmur 88 di Pulau Doi.

"Pada pukul 10:30 WIT, Tim Rescue Basarnas Ternate dipersiapkan bergerak menuju LKP untuk melaksanakan pencarian terhadap dua korban yang hilang dengan menggunakan Kapal KN SAR 237 Panduwinata,"jelasnya.

“Namun karena kondisi cuaca saat ini yang sedang memburuk, maka Tim Rescue stand by. Operasi SAR sambil menunggu kondisi cuaca membaik untuk segera bergerak menuju ke LKP,”sambungnya.

Ia menyebutkan, identitas korban yang belum ditemukan, yakni Buchari Sahafin (nahkoda) dan Yokzafil Novsan (juru masak).

"Unsur yang terlibat dalam pencarian, yakni Tim Rescue Kansar Ternate, Polairud Polda Malut, dan KSOP Ternate,” pungkasnya.

Komentar

Loading...