poskomalut.com
baner header

Mendagri Ragu Pilihan Gubernur Malut

Pj Taliabu Dipilih Pejabat Kemendagri, Pj Haltim Masih “Digantung”

SOFIFI-PM.com, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian tampaknya tak yakin alias ragu dengan pilihan Gubernur Abdul Gani Kasuba (AGK) terhadap calon Penjabat (Pj) Bupati di Maluku Utara (Malut).

Lihat saja, diantara enam daerah di Maluku Utara (Malut) yang harus diisi Pj Bupati dan Walikota, salah satunya adalah Pj Bupati Taliabu yang diisi oleh pejabat dari Kemendagri yakni Direktur Penataan Daerah, Otonomi Khusus dan Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah (DPOD) Maddaremeng, bersamaan dengan PjBupati di empat daerah lainnya yakni M. Rizal Ismail PJ Bupati Halbar, Muhammad Irwanto Ali Pj Halut, Ansar Dally Pj Tikep, Idham Umasangaji Pj Kepulauan Sula.

Padahal, Gubernur AGK merekomendasikan tiga nama pejabat Pemprov Malut yang sudah memenuhi syarat kepangkatan untuk menjadi Pj Taliabu, masing-masing Staf Ahli Gubernur Gafarudin, Kadis Koperasi dan UKM Malut Wa Zaria dan Karo Umum Setda Provinsi Malut Jamaludin Wua.

Selain Taliabu, Mendagri Tito Karnavian juga masih menggantung Pj Bupati Halmahera Timur (Haltim). “Pj 5 daerah di Malut, masing-masing Tikep, Halbar, Halut, Kepsul dan Taliabu sudah selesai. Untuk Taliabu, Gubernur AGK usulkan tiga nama calon Pj Bupati yakni Staf Ahli Gubernur Gafarudin, Kadis Koperasi dan UKM Malut Wa Zaria dan Karo Umum Setda Provinsi Malut. Kita hanya usulkan tapi dalam ketentuan itu Menteri yang putuskan,” kata Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi Malut Ali Fataruba, saat dikonfirmasi usai pengukuhan empat penjabat bupati dan walikota di kantor gubernur, Sabtu (26/9).

Disentil terkait Pj bupati Haltim, Ali mengaku sampai saat ini pihaknya belum menerima SK dari Kemendagri. “Untu Pj Halmahera Timur belum dilantik, karena SK belum ada SK Kemendagri,” katanya.

Sementara, lima Penjabat Bupati dan Walikota yakni Direktur Penataan Daerah, Otonomi Khusus dan DPOD, Maddaremmeng sebagai Pj Taliabu, M. Rizal Ismail Pj Bupati Halbar,

Muhammad Irwanto Ali Pj Halut, Ansar Dally Pj Tikep dan Idham Umasangaji Pj Kepsul dikukuhkan berdasarkan SK mendagri Tito Karnavian Nomor: 131.82-2998,131.82-2999,131.82-3000,131.82-3001,131,82-3009 Tahun 2020 tentang penujukan penjabat sementara Bupati Wali Kota di 5 Daerah di Provinsi Maluku Utara.

Gubernur AGK mengingatkan Pj Bupati dan Walikota agar dapat menjalankan tugas dan wewenang sesuai Keputusan Mendagri. Dapat melaksanakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah, memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat, memfasilitasi penyelenggaraan PILKADA, serta menjaga netralitas Pegawai Negeri Sipil, melakukan pembahasan Rancangan Perda dan menandatangani Perda setelah mendapat persetujuan dari Menteri Dalam Negeri. “Saya ingatkan kepada saudara-saudara Penjabat Sementara yang baru dikukuhkan, agar melaksanakan tugas ini dengan penuh tanggung jawab,” katanya.

Gubernur berharap, lima penjabat ini dapat menjaga kepercayaan dan amanah ini dengan sebaik-baiknya, dan selalu berkoordinasi serta melaporkan permasalahan kepada Gubernur maupun Menteri Dalam Negeri. (iel/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: