Pekerjaan Sirtu Jalan Ruas Pasir Putih-Busua Dipastikan Tuntas Sebelum Masa Kontrak Berakhir

Ilustrasi pekerjaan proyek.

LABUHA-pm.com, Proyek pekerjaan peningkatan jalan tanah ke sirtu ruas Pasir Putih-Busua, Kecamatan Kayoa Barat, Kabupaten Halmahera Selatan dipastikan tuntas sebelum masa kontrak kerja berakhir.

Hal itu disampaikan Direktur CV, Bima Sakti sebagai pemenang tender proyek jalan tanah ke sirtu pada 28 Maret 2023 lalu.

Idham Ibrahim kepada poskomalut.com mengatakan, keterlambatan mobilisasi alat berat dikarenakan menunggu akses transportasi alat Landing Craft Tank (LCT).

"Mobilisasi alat ke lokasi pekerjaan harus menggunakan lLCT karena kalau menggunakan transportasi kapal feri tentu memakan waktu dan berulang. Kapasitas pemuatan kapal feri hanya bisa mengangkut satu buah bomax, sementara ada exavator dan alat lainnya," ujar Direktur CV Bima Sakti, Rabu (2/8/2023).

Lebih lanjut Idham menerangkan, kapasitas kapal feri rute Busua, Kayoa Barat sangat kecil, tentu muatannya juga terbatas. Berbeda dengan feri rute Makian Larombati Kayoa.

Terpisah, pemilik lLCT Jervis dikonfirmasi terkait kepastian jadwala pangangkutan membenarkan penggunaan kapal miliknya oleh CV Bima Sakti.

Dikatakan Jervis, saat ini LCT miliknya sudah bertolak dari Pelabuhan Gebe, Kabupaten Halmahera Tengah menuju Gane Timur, Halmahera Selatan.

"Kapal saat ini sudah dari Gebe ke Gane Timur, selanjutnya ke Pelabuhan Saketa dengan rute Pelabuhan Babang. Selanjutnya ke Desa Yaba, Bacan Barat Utara lalu ke Busua Kecamatan Kayoa Barat. Paling lambat Sabtu 5 Agustus alat milik CV Bima Sakti sudah bisa didaratkan," kata Jervis.

Terpisah, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Halsel, Ikbal Mustafa menjelaskan bahwa ketika kontrak ditandatangani maka penyedia berhak mengajukan pencairan tahap awal sebesar 25 persen.

"Itu hal yang normal, kalau kemungkinan yang bersangkutan lalai dan tidak mengindahkan itu maka ada tahapan untuk pengembalian jaminan uang muka," jelasnya.

Diketahui, proyek pekerjaan jalan tanah ke sirtu menggunakan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) sebesar Rp1.972.087.034.49,-.

Komentar

Loading...