Pemda Haltim Diminta Usulkan Tiga Calon Sekda

SAMSUDIN A KADIR

SOFIFI-PM.com, Pemerintah Provinsi Maluku Utara, mendesak Pemda Halmahera Timur segera mengusulkan tiga nama calon penjabat Sekda Hatim pada Gubernur Malut, untuk mengisi kekosongan jabatan di Halmahera Timur. Pasalnya, calon sekda yang diusulkan sebelumnya tidak bisa digunakan lagi lantaran sudah melewati kententuan.

Pemprov minta usulan ulang penjabat Sekda Malut lantaran   Gubernur Maluku Utara (Maut) KH Abdul Gani Kasuba (AGK), telah  membatalkan Surat Keputusan (SK) Pj sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten  Halmahera Timur (Haltim) yang sebelumnya sudah ditetapkan Ricky Chairul, sebagai Pj bupati dengan SK Nomor :188.45/821/53/2020 tanggal 4 September 2020. Namun karena Bupati Haltim Muh Din meninggal dunia kemudian masih terjadi kekosongan bupati sehingga belum dilantik.

Untuk itu gubernur sudah membatalkan SK Pj sekda dimana  pembatalan itu melalui  SK dengan Nomor: 800/JPTP/172/X/2020, yang dikeluarkan Gubernur Abdul Gani Kasuba pada 14 Oktober 2020.

“Calon penjabat Sekda Hatim yang diusulkan mantan bupati Haltim sudah tidak bisa digunakan karena sebelum dilantik bupati Haltim Muh Din telah berhalangan tetap (meninggal dunia). “Dalam ketentuan lima hari setelah persetujuan dari gubernur harus dilantik sehingga harus diusulkan ulang oleh Pj Bupati Haltim, dengan harapan tidak ada polemik lagi, ”ungkap Sekprov Samsuddin A Kadir, pada wartawan, Minggu (18/10/2020).

Samsuddin mengatakan calon penjabat Sekda Hatim diusulkan  bisa satu orang nama, bisa juga lebih dari satu. Nanti pemprov melakukan verifikasi terutama pada kepangkatan memenuhi atau tidak. ”Silakan satu nama saja juga tidak masalah asalkan memenuhi kepangkatan serta syarat lain. Bila perlu diusulkan ulang yang sebelumnya juga tidak masalah,”katanya.

Mantan Kepala Bappeda Malut, itu menyarankan alangkah baiknya tiga nama yang diusulkan dengan harapan jika satu orang tidak memenuhi masih ada dua nama lagi sehingga tidak dikembalikan dokumennya. ”Kalau hanya satu nama pada saat verifikasi tidak memenuhi sebagaimana yang diatur dalam ketentuan, gubernur akan kembalikan ulang dan minta diusulkan ulang sehingga diusulkan tiga nama untuk memilih satu orang,”katanya.(iel/red)

Komentar

Loading...