Pemprov Malut Dapat Rekomendasi Bentuk Dua OPD Baru

Kantor Gubernur Maluku Utara.

SOFIIFI-PM.com, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku Utara (Malut) rencana membentuk dua organisasi perangkat daerah (OPD) yakni Badan pendapatan daerah, dipisahkan dari Badan Pengelolaan Keuangan, dan Badan Perbatasan.

Rencana pembentukan dua OPD baru ini sudah mendapat rekomendasi dari Kemendagri. “Rekomendasi sudah ditandatangani Ditjen, bahkan draf pergub sudah disampaikan ke Sekretariat DPRD Malut untuk Paripurna,” jelas Sekprov Malut Samsuddin A Kadir kemarin.

Menurutnya, pembentukan Badan Perbatasan ini karena di Malut terdapat tiga kabupaten  yakni Morotai, Halmahera Timur dan Halmahera Tengah dengan harapan dapat mengoptimalkan pengelolaan pemerintahan. "Pemerintah pusat ada anggaran untuk daerah perbatasan, menyerap anggaran harus ada lembaga, sehingga dengan dibentuk Badan Perbatasan ini mendorong pembangunan di daerah perbatasan,” harapnya.

Ia menambahkan jika Draf Pergub dua OPD sudah disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), selanjutnya disampaikan ke Mendagri untuk persetujuan. ”Yang baru tandatangan itu rekomendasi, dan setelah dewan setuju, baru disampaikan ulang ke Mendagri untuk persetujuan,” ungkapnya. (iel/red)

Komentar

Loading...