poskomalut.com
baner header

Bakal Calon Independen Muhdi-Gazali Capai Sarat Dukungan Minimal di KPU Kota Ternate

TERNATE- PM.com, Pelaksanaan penyerahan syarat dukungan untuk bakal calon perseorangan (independen) pemilihan Wali Kota Ternate (Pilwako),bakal dilaksanakan pada tangal 19 Februari 2020 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ternate.

“Pendaftaran bakal calon perseorangan walikota dan wakil walikota Ternate ini, mekanismenya sudah diatur dalam PKPU no 15 tentang pasangan calon perseorangan wajib menyampaikan surat mandat untuk menerima pasword serta register dari Sistem Informasi Pencalonan. Baru dua pasangan yang mendaftar sehinga sudah menyampaikan surat mandat dan sudah diberikan password,” ucap Kuad Suarno Koordinator Devisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU Kota Ternate pada poskomalut.comm, Selasa (18/02/20).

Kuad mengatakan, KPU Kota Ternate sudah siap menerima pemasukan sarat dukungan sesuai dengan jadwal  yang  ditetapkan, pihaknya juga terus berkoordinasi dengan kedua calon perseorangan yang suda memasukan sarat dukungan di Sistem Informasi Pencalonan.

“Besok, calon perseorangan suda bisa memasukan sarat dan dukungan bakal calon walikota dan wakil walikota Ternate dan tempat pendaftarannya di kantor KPU Kota Ternate,” ungkapnya.

Mekanisme dari penyerahan syarat dan dukungan ini mengacu pada edaran keputusan KPU No 82 tentang tatacara penyerahan syarat dukungan bakal calon walikota dan wakil walikota.

“Bakal calon perseorangan harus membawa copy dari fom dukungan B1 KWK serta  fom BB1 rekapan dari fom B1KWK yang diambil langsung dari Sistem Informasi Pencalonan dan ditandatangani langsung oleh pasangan calon bersangkutan dengan materai secukupnya, ditamba lagi folmulir B2KWK mengenai berita acara yang akan disampaikan pada KPU Kota Ternate. Jadi setelah memasukan syarat dan dukungan kami KPU akan melakukan verifikasi administrasi terhadap syarat dukungan tersebut apakah memenuhi syarat minimal atau tidak,” jelasnya.

Lanjut Kuad, “pendaftaran berkas calon perseorangan itu lebih kepada persyaratan dukungan minimal sarat dukungan minimal itu dia angka 12.467 dan sepanjang syarat dukungan itu terpenuhi kami akan menerima dan selanjutnya,  melakukan verifikasi administrasi faktual dilapangan,” tuturnya.

Ia juga menambahkan, sampai hari ini baru satu pasangan calon perseorangan yang memenuhi syarat dukungan minimal.

“Untuk pasangan Muhdi-Gazali data yang masuk ke Sistem Informasi Pencalonan  itu mencapai 12.573, mereka sudah mencapai syarat dukungan minimal.  (Ris/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: