DPRD Soroti Konsistensi Perencanaan dan Penganggaran Pemkot Ternate

Ketua Komisi II DPRD Kota Ternate, Mubin A. Wahid.

TERNATE-pm.com, DPRD Kota Ternate menyoroti konsistensi perencanaan dan penganggaran pemerintah kota pada pembahasan Kebijakan Umum APBD dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2024.

Ketua Komisi II DPRD Kota Ternate, Mubin A. Wahid, mengatakan, pihaknya melihat konsistensi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) merujuk pada Rencana Kerja Anggaran (Renja) dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

Ia menerangkan, Renja dan RKPD merupakan disusunnya KUA-PPAS.

"Jadi kita harus menjaga konsistensi itu. Bagaimana upaya OPD merancang berbagai program dan kegiatan. Atas dasar itulah di susun KUA PPAS untuk disampaikan ke DPRD baru dibahas bersama," ucapnya.

Mubin menilai, sejauh ini memang ada disparitas atau perbedaan perencanaan dan penganggaran. Misalkan Renja OPD yang sama dengan RKPD. Apalagi RKPD yang dibawa ke KUA-PPAS rata-rata mengalami penurunan.

Ia mecontohkan seperti di Dinas Ketahanan Pangan  (Ketpang) anggaran dari Rp7 miliar turun menjadi Rp6 miliar. Dinas Koperasi dan UKM dari Rp10 miliar turun menjadi Rp9,9 miliar. Demikian pula di Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) juga mengalami penurunan.

"Kami telusuri apa urgensinya sehingga pemkot memploting pagu indikatif cendrung menurun, tidak sesuai dengan RKPD yang ada. Jadi nanti kami akan bawa ke Badan Anggaran (Banggar) untuk dibahas bersama," pungkasnya

Komentar

Loading...