poskomalut.com
baner header

DPW Nasdem Malut Tetapkan 35 Bakal Calon Kepala Daerah di 8 Kabupaten/Kota

TERNATE-PM.com, Dewan Pimpinan Wilayah Partai NasDem Maluku Utara, Minggu (22/12/2019),  menggelar  Rapat Pleno Penetapan Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah di delapan Kabupaten dan Kota tahun 2020, yang akan diusulkan ke DPP.

Sesuai ketentuan PO nomor 006 Tahun 2019, yang mengatur kewenangan DPW menerima usulan DPD, menambah maksimal dua nama Bakal Calon Kepala Daerah maupun Wakil Kepala Daerah serta mengusulkan kepada DPP. Rapat Pleno DPW dihadiri oleh Komando Teritorial Wilayah Partai NasDem Maluku – Maluku Utara Ibu Rosita Usman dan Ketua Bidang Hubungan sayap dan Badan Partai NasDem Ivanhoe Semen, untuk menyaksikan secara langsung jalannya pleno dan juga dihadiri 8 ketua DPD NasDem akan melaksanakan pilkada tahun 2020.

Dari delapan Kabupaten/Kota yang melaksanakan pilkada, hanya Kabupaten Halmahera Utara yang tidak dibuka pendaftaran karena sebelumnya telah disepakati bersama oleh DPP, DPW dan DPD NasDem Kabupaten Halut untuk mendukung paslon Frans Manery dan Muchlis Tapi Tapi sebagai bakal calon Bupati dan Wakil Bupati.

Pleno wilayah ini adalah bagian dari proses pencalonan bakal calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang dilaksanakan di Maluku Utara. Proses dimulai dari pendaftaran dan seleksi berkas serta penyampaian visi-misi bakal calon, hingga penetapan usulan calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, dari Dewan Pimpinan Daerah Kota Ternate, Tidore, Halmahera Barat, Halmahera Utara, Halmahera Selatan. Halmahera Timur, Kepulauan Sula dan Pulau Taliabu.

Ketua DPW NasDem Maluku Utara Ishak Naser menyebut, semua proses berlangsung transparan, berpedoman pada Pedoman Organisasi Partai NasDem nomor 006 Tahun 2019, dan dilaksanakan sesuai kewenangan DPD. “Kami juga konsisten dengan ‘politik tanpa mahar’, dan tentu kami mengucapkan berterima kasih ke masyarakat karena responsnya sangat baik. Ini terbukti dengan banyaknya calon yang mendaftarkan diri di NasDem,” ungkap Ishak.

Sebagaimana diatur dalam Pedoman Organisasi Tentang Pemilukada, pleno wajib dihadiri oleh pengurus DPP, dan yang menghadiri pleno ini adalah Ivanhoe Semen, Wakil

Ketua DPP bidang Hubungan Sayap dan Badan Partai NasDem dan Ketua Komando Wilayah Maluku-Maluku Maluku Utara Rosita Usman.

Di hadapan Pleno, Komterwil memastikan seluruh hasil pleno wilayah akan disampaikan ke DPP untuk diproses sesuai kewenangan. “Kita akan mendorong semua proses secara maksimal karena Pilkada harus kita menangkan”,tegas Rosita.

Sementara itu, ketua Desk Pilkada DPW NasDem Maluku Utara Muhdar Adam menjelaskan, dari usulan nama bakal calon yang disampaikan ke DPW, sesuai dengan Pedoman Organisasi, ada beberapa daerah yang ditambahkan nama calon. “Ini kewenangan DPW yang diatur dalam pasal 10 poin (3) serta Pasal 8 Pedoman Organisasi Partai NasDem,” ungkap Jhoe.

Ia menyebut, untuk Kabupaten Halmahera Selatan, Pleno DPW menetapkan usulan tiga nama bakal calon Kepala Daerah dalam pleno DPW yang dihadiri oleh DPP serta DPD, karena Pelaksanaan pleno DPD Partai NasDem Kabupaten Halmahera Selatan cacat secara prosedur dan mekanisme yang diatur dalam PO. Setelah berkonsultasi dengan DPP, dipandang perlu mengambil alih pleno penetapan DPD, tanpa menganulir hasil penjaringan, karena pertimbangan waktu dan kondusifitas kepenguruan partai. Pleno DPW menetapkan Helmi Umar Muchsin, Hi. Bahri Hamisi dan Hi. Usman Sidik sebagai bakal Calon Kepala Daerah, sedangkan untuk bakal calon Wakil Kepala Daerah pleno DPW menetapkan Hasan Ali Bassam Kasuba.

Untuk Kota Ternate Pleno DPW memutuskan untuk menambahkan dua nama yakni Drs.

H. Abdurahman Lahabato dan Ismunandar Aim Sjah, SH.,MH sebagai  bakal  calon Kepala Daerah. Sedangkan untuk Kota Tidore kepulauan Moch. Elbahar Conoras, SE ditambahan sebagai bakal calon Kepala Daerah. Selanjutnya untuk Kabupaten kepulauan Sula, Pleno memutuskan untuk menambahkan Zulfahri Abdullah, S.IK dan Ir.

H. Ismail Kharie sebagai Bakal Calon Kepala Daerah.

Selain itu, pleno DPW juga menambahkan Irwan Djaga, SE. sebagai bakal Calon Kepala Daerah untuk Kabupaten Halmahera Barat. Untuk Kabupaten Pulau Taliabu Muhaimin Syarif ditambahkan sebagai bakal calon Kepala Daerah, dan untuk Kabupaten

Halmahera Timur Pleno DPW menetapkan untuk menambahkan Bernard Theodorus Pawate dan Samsul Baba sebagai Bakal Calon Kepala Daerah.

Selanjutnya hasil Rapat Pleno DPW Partai NasDem Provinsi Maluku Utara serta seluruh berkas bakal calon yang telah mendaftar di Partai NasDem akan diserahkan kepada DPP Partai NasDem dalam waktu dekat.

*Daftar Usulan Bakal Calon yang diusulkan oleh DPD Kabupaten/Kota dan yang ditambahkan oleh DPW Partai NasDem Provinsi Maluku Utara

Geser untuk melihat selanjutnya....

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: