Giliran Mahasiswa Halsel di Makassar Dapat Bantuan dari Usman

MAKASSAR-PM.com, Usai membagikan sembako kepada mahasiswa Halmahera Selatan di Jabodetabek, Kota Ternate, Yogyakarta, dan Jawa Tengah. Kali ini giliran puluhan mahasiswa Halmahera Selatan yang sedang menempuh pendidikan di Kota Makassar mendapat kiriman sembako dari calon Bupati Halmahera Selatan, H Usman Sidik.

Bantuan sembako ini merespons keluhan para mahasiswa dari Halmahera Selatan yang tertahan di perantauan selama pendemik Covid-19.

"Dalam situasi seperti ini, kita harus sama-sama bahu-membahu untuk saling menolong, saya berharap adik-adik mahasiswa Halmahera Selatan sebagai generasi harapan perubahan di masa mendatang tetap belajar walaupun secara online study di situasi yang sangat terbatas ini," pesan Usman dalam keterangan tertulis, Senin (4/4/2020).

Jumlah mahasiswa asal Halmahera Selatan di Kota Daeng sekitar 64 orang. Mereka memilih tinggal di rumah kos selama masa perkuliahan diliburkan. Setidaknya ada 64 paket sembako dan operasional masing-masing sebesar Rp 150 ribu yang dikirim Usman.

"Situasi sekarang juga ikut menyulitkan mahasiswa yang masih tetap berada di Makassar dan tinggal di kos-kosan. Karena kebanyakan mahasiswa mengkonsumsi makanan cepat saji. Tapi karena situasi sekarang, akhirnya banyak warung makan yang tutup, ini akan memengaruhi kondisi mereka," tutur Usman.

Sementara itu, koordinator mahasiswa Halmahera Selatan di Kota Makassar, Sofyan Fabanyo mewakili teman-temannya mengatakan, bahwa di Makassar mereka tidak bisa beraktivitas secara normal, dan kesulitan keuangan karena keluarga terlambat mengirimkan uang. Sementara para mahasiswa tidak bisa mencari uang tambahan selama di Makassar.

"Di Kota Makassar ditetapkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Kami hanya di kos saja, sehingga tidak bisa mencari uang tambahan untuk hidup di sini. Kami juga tidak tahu sampai kapan PSBB ini," ujar Sofyan.

Kiriman sembako dari Usman ini disambut suka cita oleh para mahasiswa asal Halmahera Selatan yang tertahan diperantauan karena pandemi Covid-19.

"Kami sangat membutuhkan bantuan ini agar kami bisa tetap fokus melaksanakan online study. Pembelajaran jarak jauh ini penuh tantangan dan energi yang sangat ekstra besar. Terima kasih Pak Usman Sidik ," ucapnya.

Pembagian paket berisi beras, telur, minyak goreng, mie instan, teh, kopi, dan susu ini dilakukan di tiga lokasi, yakni Perintis Area, Antang Area, dan Malengeri Area. (red)

Komentar

Loading...