poskomalut.com
baner header

Hasan Bay; Harus Lebih Berdayakan Ekonomi Lokal

TERNATE-PM.com, Bakal calon Walikota Ternate Muhammad Hasan Bay, Minggu (08/03/2020) menyampaikan visi misi di Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kota Ternate. Dalam penyampaian visi misi itu, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (Deprov) Malut ini berkeinginan mewujudkan Kota Ternate yang maju dan juga berbudaya. Sehingga, dalam kerja pemerintahan nanti melibatkan perangkat kesultanan dalam forkopimda sebagai lambang adat dan budaya. “Jika saya terpilih sebagai walikota maka siapapun sultannya, maka harus masuk dalam unsur forkopimda,” ungkap Hasan Bay, kepada wartawan, Minggu (08/03/2020).

Perkembangan Kota Ternate akan lebih cepat dibandingkan dengan kabupaten/kota lain yang ada di Maluku Utara (Malut). Sehingga, tingkat kemajemukan dan orang yang berkeinginan tinggal dan menetap di kota Ternate meningkat. Hal itu ditambah dengan pengembangan sektor pariwisata yang meningkat. “Ini berpengaruh pada keinginan orang untuk tinggal di Ternate lebih banyak lagi. Namun siapapun yang hadir di Kota Ternate harus taat adat se atorang disini, sehingga Ternate berkembang menjadi kota modern tapi kebudayaan menjadi benteng,” terangnya.

Selain itu, Kota Ternate sebagai kota perdagangan tapi jika dilihat dari data statistik 92 persen masih mengharapkan dari Jakarta yaitu DAU dan DAK. “Bagaimana konsep kota jasa jika semua orang mengharapkan APBD saja. Kota Ternate juga harus kurangi ketergantungan terhadap Jakarta,” ujarnya. 

Menurut dia, jika simpul ekonomi diletakan muatan lokalnya maka ketergantungan terhadap daerah luar, semisal sembako seperti; tomat, cabai dan lain bisa berkurang. “Ternate punya banyak tempat yang bisa difungsikan untuk penanaman tomat, cabai, bawang dan sayur mayur, seperti; Batang Dua, Hiri, Moti dan Ternate Pulau. Namun, hal itu tidak dilirik dan dimanfaatkan dengan baik,” tukasnya. (wm02/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: