IMS Sebut Wacana DOB Harus Ide Kolektif, Bukan Perorangan

Pj Bupati Halteng, Ikram Malan Sangaji.

WEDA-pm.com, Penjabat (Pj) Bupati Halmahera Tengah, Ikram Malan Sangadji mengatakan, pemerintah kabupaten mengapresiasi agenda Musyawarah Besar (Mubes) Fagogoru Ke-V tahun 2023 dan mendukung wacana pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB).

Menurut Ikram, pembentukan provinsi baru yang meliputi Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng), Halmahera Timur (Haltim) dan sebagian dari Halmahera Selatan (Halsel) menarik untuk diwacanakan.

"Ini menarik dan harus dipersiapkan dengan baik, karena usulan DOB memerlukan dukungan data-data ilmiah dan komitmen politik yang nantinya akan dijadikan rujukan Pemerintah Pusat, dan peran pemerintah provinsi juga perlu disinergikan," katanya saat dihubungi media ini, Senin (28/8/2023.

Lanjut Pj bupati yang karib dengan akronim IMS menerangkan, tujuan Otonomi Daerah (Otda) adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kesepakatan bersama dan dukungan komitmen Pemerintah Daerah (Pemda), baik eksekutif maupun legislatif, bukan ide dari orang-orang tertentu.

"Tujuan Ini bukan ide lagi, tapi kesepakatan masyarakat yang memerlukan dukungan komitmen Pemda Halteng, Haltim dan Halsel, baik eksekutif maupun legislatif," terangnya.

"Olehnya itu, peran bupati dan ketua DPRD dari tiga kabupaten harus jelas. Karena, meliputi tiga wilayah di dalam tiga kabupaten," sambungnya.

Ia menegaskan, jika terwujudnya DOB, banyak hal positif yang nantinya akan dinikmati masyarakat dan generasi di masa akan datang. Kata IMS, dari aspek distribusi Sumber Daya Alam (SDA) wilayah yang akan didorong sebagai DOB memiliki potensi ekonomi besar.

"Maka dengan DOB, akan membuka aksesibilitas wilayah dan akan mempercepat ekonomi wilayah yg ujungnya akan mempercepat penanganan kemiskinan, pelayanan, kesehatan dan pendidikan," bebernya.

Lebih lanjut ia menyatakan, sebagai orang Kementerian Koordinator yang ditugaskan pemerintah pusat, IMS akan mengoptimalkan peran jika nanti ada Pj Gubernur Maluku Utara.

“Tentunya kita akan gunakan pendekatan personal agar provinsi juga ikut mendorong usulan DOB yang akan diputuskan dalam Mubes Fagogoru,” tukas IMS.

Komentar

Loading...