Saifuddin Djuba dan Hasyim Daeng Barang Menguat jadi Pj

Mendagri Proses SK Pj Bupati Halut dan Walikota Ternate

Saifuddin Djuba dan Hasyim Daen Barang

SOFIFI-PM.com, Demi kelancaran roda Pemerintah Daerah di Kabupaten Halmahera Utara (Halut) dan Kota Ternate, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian akan keluarkan SK Pj Bupati Halmahera Utara dan Pj Walikota Ternate.

Informasi yang dihimpun wartawan Posko Malut, ada tiga nama yang diusulkan menjadi Pj Bupati Halmahera, yakni Kepala Dinas Kehutanan Malut Syukur Lila, Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Malut Saifuddin Djuba, dan Staf Ahli Gubernur Malut Andreas Thomas. Namun dari tiga nama ini, yang menguat menjadi Pj Bupati Halut adalah Saifuddin Djuba.

Sementara di Kota Ternate juga ada tiga nama yang diusulkan Gubernur Malut ke Mendagri, yakni Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Malut Santrani Abusama, Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Hasyim Daeng Barang, Kepala Dinas Perhubungan Malut Armin Zakaria. Di Kota Ternate sendiri, Hasyim Daeng Barang diganag-gadang yang akan dilantik sebagai Pj Walikota Ternate.

Sekertaris Daerah Provinsi Malut Samsuddin A Kadir saat dikonfirmasi membenarkan rencana Gubernur Malut akan melantik  Pj Bupati Halmahera Utara dan Pj Walikota Ternate yang dijadwalkan pada Jumat (pekan ini).

”Rencana pelantikan Pj Bupati Halmahera Utara dan Pj Walikota Ternate pada Jumat pekan ini,” katanya.

Disentil terkait dengan pejabat Pemprov mana yang akan mengisi kekosongan jabatan di dua daerah ini, kata orang nomor tiga di lingkup Pemprov Malut ini, nanti lihat pada saat pelantikan nanti, namun pada prinsipnya salah satu dari tiga nama yang usulkan Gubernur Malut.

”Siapa yang bakal dilantik sebagai Pj Bupati dan walikota, nanti lihat pada saat pelantikan nanti, karena SK Pj dari Mendagri, kami belum pegang. Namun pada prinsipnya tidak lepas dari tiga nama yang diusulkan Gubernur Malut itu,” bebernya.

Sementara Kabag Otda Biro Pemerintahan Setda Malut Taufik Rahman Marasabessy saat dikonfirmasi menambahkan, pengisian Pj Bupati dan walikota di dua daerah ini demi jalannya roda Pemerintahan.

”Dua daerah ini kewalahan dengan kekosongan jabatan kepala daerah,  terutama  terhadap dengan keuangan, kondisi ini kami sampaikan ke Kemendagri, Alhamdulillah direspon, karena mereka (Kemendagri) fahami itu,” katanya.

Menurutnya proses SK Pj Bupati dan walikota Ternate ini sementara jalan, semoga dalam dua hari kedelapan ini berjalan lancar sehingga pelantikan Pj Bupati dan walikota ini dapat dilaksanakan pada Jumat pekan ini.

”Direktorat FKDH Kasubdit yang membawahi Provinsi Malut ini proses SK Pj Bupati dan walikota sementara jalan, semoga tidak ada kendala sehingga cepat turun untuk proses pelantikan karena kami jadwalkan Jumat,” akhirnya. (iel/red)

Komentar

Loading...