poskomalut.com
baner header

MHB Berhasil Gandeng Gerindra

NU Mohon PPP Beri Rekom ke Tauhid Soleman

TERNATE-PM.com, Para bakal pasangan calon (bapaslon) yang akan berkontestasi di pilkada Kota Ternate yang digelar 9 Desember 2020 mendatang, memburu rekomendasi partai politik untuk bisa ikut dalam bursa pilwako Ternate.

Di tengah sengitnya perebutan rekomendasi parpol itu, Bapaslon M. Hasan Bay-Asgar Saleh (MHB-Asghar), resmi merebut rekomendasi dari Partai Gerindra. Rekomendasi partai bentukan Prabowo Subianto, itu diserahkan langsung Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani, di ruang Nusantara Tiga Gedung MPR RI, Jakarta, Selasa (21/07/2020).

Hal ini disampaikan koordinator wilayah DPP Gerindra Maluku dan Maluku Utara Ir Taslim Aziz, Selasa (21/07). Menurutnya, Gerindra dijadwalkan menyerahkan surat keputusan form B1.KWK kepada MHB-Asghar pada 1 Agustus mendatang. “Rekomendasi ini ditandatangani langsung sekjen jadi tidak ada surat tugas. Jadi siapa yang dapat rekomendasi insya Allah B1.KWK sudah pasti dia terima,” tegasnya.

Ia menyebutkan, paling lambat Agustus seluruh balon bupati-wakil bupati dan wali kota-wakil wali kota bakal diundang dalam rapat di DPP Gerindra. Para calon kandidat juga diharapkan menggelar deklarasi pasangan, begitu dukungan partai yang dikantongi. “Dan di situlah diberikan legalitas yang harus ditandatangani dan langsung diserahkan B1.KWK kepada Ketua DPD, lalu kepada DPC dan diserahkan kepada pasangan yang mendapatkan B1.KWK tersebut,” terangnya.

Dalam rekomendasi itu, Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto memerintahkan DPC Partai Gerindra Kota Ternate, segera berkoordinasi dengan MHB untuk persiapan pencalonan dan mengamankan serta mengerahkan semua potensi, termasuk melibatkan anggota DPRD dari Partai Gerindra Kota Ternate.

Sementara bapaslon Wali Kota-Wakil Wali Kota Ternate, M. Tauhid SolemanNursia Abd Haris, dalam posisi terjepit. Pasalnya, Partai NasDem mengancam bakal mencabut dukungan jika pasangan berakronim TAUSIAH ini belum berhasil menambah dukungan parpol.

Ketua DPW NasDem Provinsi Maluku Utara, Ahmad Hatari, saat dihubungi Posko Malut, mengatakan, NasDem sudah berbaik hati memberikan waktu kepada Tauhid Soleman-Nursiah untuk segera menambah dukungan parpol. Bila batas waktu kedua tidak dipenuhi maka dukungan akan segera ditarik. “NasDem tidak mungkin tinggal diam kalau Tauhid Soleman tidak dapat dukungan partai.  NasDem akan tarik dukungan,” tegasnya.

Anggota DPR-RI ini menyebutkan, dalam waktu dekat segera melaporkan ke Ketum DPP NasDem Surya Paloh, jika sampai waktu itu tidak ada penambahan partai.

“Pak ketum masih di luar kota, kita sudah kasih kesempatan. Dalam Minggu ini harus ada kepastian penambahan dukungan parpol,” ungkapnya.

Ditanyai kemana rekomendasi NasDem diberikan, jika Tauhid-Nursiah tidak sanggup mendatangkan partai tambahan, Hatari menyebutkan rekomendasi akan diberikan kepada kader yang memiliki semangat membesarkan partai. “Kita akan kasih ke kader yang maju, entah itu 01 atau 02. Prinsipnya dia punya kemampaun dan punya potensi untuk membesarkan partai,” akhirnya.

Di sis lain, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (NU) Kota Ternate, mengeluarkan surat permohonan meminta Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Persatuan Pembangunan  (PPP) untuk memberikan rekomendasi kepada kader NU yang maju pada pilkada ini.

Dalam surat NU Kota Ternate tertanggal 14 Juli 2020 yang ditandatangani Dr Adnan Mahmud, sebagai Ketua Tanfidziyah menyebutkan, mencermati dinamika politik lokal menyongsong pemilihan wali kota dan wakil wali kota tahun 2020 yang sangat dinamis, PC NU Kota Ternate berikhtiar untuk mengusulkan kader terbaik NU.

Menurut Adnan Mahmud, Tauhid Soleman M.Si, merupakan kader terbaik NU dan mustasyar PC NU Kota Ternate, sehingga layak bagi PPP memberikan rekomendasinya untuk maju sebagai calon wali kota pada pemilihan wali kota/wakil wali kota Ternate periode 2020-2025. (agh/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: