poskomalut.com
baner header

Muhdi-Gazali Serahkan Syarat Dukungan ke KPU Kota Ternate

TERNATE- PM.com, Bakal Calon Walikota Ternate Muhdi-Gazali, Sabtu (22/02/2020) menyerahkan syarat dukungan kepada KPU Kota Ternate, yang merupakan bagian dari tahapan proses pemilihan kepala Daerah, untuk mengikuti pencalonan walikota dan wakil walikota jalur independent.
Kuad Suarno, Kordinator Defisi Teknis Penyelengar Pemilu pada poskomalut.com, Sabtu (22/02/20) mengatakan, telah hadir satu pasangan calon independent yaitu Muhdi-Gazali yang memasukan persyaratan syarat dukungan minimal pada KPU Kota Ternate pada hari ini tanggal 22 februari 2020. “Syarat dukungan yang dimasukaan tadi itu adalah merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari proses tahapan pilkada walikota dan wakil walikota ternate 2020,” ungkap Kuad.
Sampai dengan hari ini, dukungan yang masuk ke KPU Kota Ternate terhadap pasangan Muhdi-Gazali itu mencapai 13.019 orang, yang tersebar di delapan Kecamatan Kota Ternate, dan pada hari ini juga KPU Kota Ternate akan melakukan tahap verifikasi terhadap kategori administrasi terhadap syarat yang dimasukkan oleh pasangan Muhdi-Gazali, yang pertama jumlah dukungan minimalnya apakah terpenuhi atau tidak berdasarkan fom B.1-KWK, dan yang kedua sebaran dukunganya apakah telah memenuhi 50% dari kecamatan yang ada di Kota Ternate, sebatas itulah merupakan syarat administrasi.
Sehinga setelah tanggal 23 akan ada proses lanjutan yaitu proses pengecekan dukungan, dan sebaran itu yang akan dilaksanakan 8 hari kedepan sampai dengan pada tanggal 26 februari tahun 2020, sesudah itu KPU akan melakukan verifikasi administrasi seperti verifikasi terhadap syarat dukungan tersebut dengan KTP yang ada di Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) kota ternate, dan dukungan KTP dari pasangan calon perseorangan ini akan disingkronisasi dengan posisi DPT ditahun 2019, tahap selanjutnya verifikasi terhadap kebenaran, kevalidan terhadap KTP yang bersangkutan dari proses dukungan itu sampai pada tanggal 25 maret 2020.
Kuad menambahkan, untuk pasangan independent Munawar-Greice belum ada informasi tentang kapan memberikan syarat dukungan kepada KPU kota ternate, akan tetapi posisi di SILON terakhir itu dukungan mereka 9.973 dukungan itu artinya padangan Munawar-Greice masih kurang sekitar 4.000 dukungan. “Kami tidak tahu mereka memenuhi target atau tidak, namun kami selalu melakukan monitoring terhadap pasangan Munawar-Greice,” ungkap Kuad.
Kuad menegaskan, yang jelas waktu untuk memasukan syarat dukungan ke KPU itu sesuai dengan ketentuan UU bahwa penutupan penyerahan syarat dukungan itu pada tanggal 23 februari 2020 sampai dengan pukul 24.00 WIT.
“Jadi sepanjang yang bersangkutan dapat menyampaikan pemberitahuan bahwa akan menyerahkan syarat dukungan besok harinya sebelum jam 24.00 WIT, kami memiliki kewajiban melayani dan menerima syarat dukungan tersebut, apabila calon independent tersebut tidak memberikan syarat dukungan sesuai waktu yang sudah ditetapkan maka Calon tersebut dianggap tidak memenuhi syarat untuk mengikuti pemilik walikota dan wakil walikota ternate,” tegasnya.(Ris/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: