Penolakan Isu DOB Jadi Tema Sentral Mubes Fagogoru Makin Kencang

Ilustrasi DOB

WEDA-pm.com, Menjelang Musyawara Besar (Mubes) Fagogoru Ke-V, Ketua dan Mantan Ketua KNPI Pulau Gebe menolak isu Derah Otonomi Baru (DOB) dijadikan tema sentral.

Mantan Ketua KNPI Pulau Gebe, Husnul Husen mengatakan, bukan tanpa alasan, salah satu isu DOB Patani Gebe Kepulauan disinyalir sarat kepentingan politik jelang Pemilu 2024.

"Silahkan Mubes Fagogoru dilaksanakan sebagai ajang silaturahmi dan membahas isu-isu strategis di daerah, tapi saya menolak isu DOB Patani Gebe Kepulauan. Sebab isu itu syarat dengan kepentingan politik jelang pemilu 2024,” katanya Kamis (17/8/2023).

Penolakan isu DOB itu menggambarkan dirinya tidak mengapresiasi Mubes Fagogoru, karena masih banyak masalah yang belum selesai sejak pemindahan ibu kota Kabupaten Halteng. Bahkan tanpa sosialisasi kepada masyarakat terkait DOB.

"DOB tidak hanya soal memperpendek rentan kendali, tapi lebih dari itu. Agar masyarakat sejahtera secara sosial ekonomi, politik dll. Tapi sejak pemindahan ibu kota dari Soa-Sio ke Weda, banyak masalah yang belum selesai,” tandasnya.

Senada, Ketua KNPI Pulau Gebe, Ahdan Jalil mengatakan, usia Kabupaten Halteng masih cukup muda sejak pengalihan ibu kota definitif dari Tidore ke Weda pada 2007 silam.

"Artinya kalau mau diibaratkan bayi baru lahir, usianya sekarang baru tiga tahun. Olehnya itu masih butu sentuhan didikan dan kasih sayang, apalagi dengan kondisi kekinian yang notabenenya zaman melenial," ucapnya.

Lanjutnya, belum lagi banyaknya perusahan tapi pengangguran lokal meningkat. Kemudian keluhan mahasiswa soal air dan lampu di asrama.

“Makanya saya minta Gebe ditiadakan saja, karena Gebe butuh waktu untuk berpisah dari Halteng," ungkapnya.

Dirinya menegaskan pernyataan itu bukan memancing ego primordial.

“Tapi masyarakat Gebe kalau Patani Gebe, tong tara setuju. Kalau Gebe Kepulauan, tong mau. Dan Semoga keresahan masyarakat Gebe ini bisa terjawab kalau pemimpin yang terpilih di 2024 nanti mengedepankan asas keadilan sosial tanpa pilih kasih," tukasnya.

Komentar

Loading...