VCO Groni Asal Moti Siap Dipasarkan

Home produksi dari Komunitas Oti Production yang siap dipasarkan. (Istimewa).

TERNATE-pm.com, Kegiatan pengembangan pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan atau workshop pengolahan minyak kelapa yang dilakukan komunitas Oti Production pada kegiatan Moti 1322 Basuara, sudah mulai nampak hasilnya.

Warga yang mengikuti pelatihan kini sudah mulai mengembangkan usaha minyak kelapa. Salah satunya selain minyak goreng juga berhasil memproduksi VCO (Virgin Coconut Oil).

Bahkan di awal pengolahan minyak kelapa yang dilakukan rumah produksi (home industri) Oti Production berhasil memproduksi puluhan botol VCO yang siap dipasarkan.

Koordinator Home Industri Oti Production, Aida Usman mengatakan, pihaknya sejak pasca kegiatan Moti 1322 Basuara beberapa waktu lalu, sudah berkomitmen untuk mengembangkan usaha VCO tersebut.

“Karena dari pelatihan itu kami sudah komitmen bahwa VCO dan minyak goreng yang diberi nama Groni kami akan kembangkan sebagai wira usaha baru di Moti, dan kami langsung mencoba Alhamdulillah diawal ini sudah bisa menghasilkan 10 botol VCO dan  minyak goreng,” ungkapnya.

Dia beralasan, pengembangan home industry untuk pengolahan minyak kepala ini punya potensi ekonomi yang bagus, sebab baru awal produksi pihaknya sudah mendapat banyak pesanan dari warga yang diluar Moti.

“Langkah awal ini ternyata punya prospek yang bagus, semoga kedepan terus bisa eksis. Kami secara pribadi juga menyampaikan terima kasih ke pak Ramli dan pak Ikram Sangaji yang sudah datang ke Moti untuk membimbing ibu-ibu di Moti, terima kasih juga kami sampaikan ke teman-teman Oti Production yang sudah memberikan kami kesempatan untuk bisa mendapat ilmu,” tandasnya.

Menurutnya, saat ini harga kelapa (korpra) yang menurun ini setidaknya dengan pengolahan VCO dan minyak goreng ini sebagai solusi, karena proses pengolahannya juga sangat mudah.

“Bahan bakunya juga mudah didapat, kami mohon doa dan dukungan dari semua pihak sehingga pengolahan minyak kelapa dan VCO ini terus berlanjut, jika ada orang moti yang mau belajar kami juga memberikan kesempatan untuk berbagi pengalaman kami meskipun ini juga baru awal biar kita sama-sama belajar,” tutupnya.

Komentar

Loading...