Gubernur Malut Diperintah Kembalikan Tiga Pejabat yang Dimutasi

Surat resmi dari KASN.

SOFIFI-pm.com, Gubernur Maluku Utara, KH Abdul Gani Kasuba (AGK) mendapat perintah dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk mengembalikan tiga pejabat eselon II yang dimutasi sebelumnya.

Menurut penilaian KASN, pelantikan ketiga pejabat tersebut yakni Kepala BKD Muhammad Miftah Baay (sebelumnya Kepala Pengembangan SDM), Kepala Pengembangan SDM, Idrus Assagaf (sebelumnya Kepala BKD), dan Kaban Kesbangpol Hasbi Pora (sebelumnya Pelaksana Kaban Kesbangpol) tidak sesuai prosedur.

Rekomendasi dikeluarlkan menyusul KASN menemukan pelanggaran dalam mutasi 25 pejabat yang dilakukan sebelumnya. KASN juga menemukan dugaan pelanggaran dalam mutasi Salmin dari Kelapa Bappeda ke Kepala Dinas Perbuhungan.

KASN menilai pemindahan Salmin tanpa melalui rekomendasi. KASN juga perintahkan Gubernur Abdul Kasuba mengembalikan Salmin Janidi ke posisi semula (Bappeda).

Meski begitu, rekomendasi KASN Nomor: B-1678/JP.01/05/2023 ini tidak ditindaklanjuti Gubernur Maluku Utara. Temuan ini termuat dalam surat KASN Nomor: B-2018/JP.00.01/05/2023 tentang Rekomendasi Rencana Uji Kompetensi Pejabat Tinggi Pratama dalam rangka Mutasi/Rotasi di Pemerintah Provinsi Maluku Utara.

Surat tertanggal 31 Mei 2023 ini menindaklanjuti surat Gubernur Maluku Utara Nomor: 800/JPTP/13/IV/2023 tertanggal 19 Mei 2023 perihal Permohonan Rekomendasi Pelaksanaan Evaluasi Kinerja dan Uji Kompetensi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama.

Kepala BKD Maluku Utara, Muhammad Miftah Baay dikonfirmasi jurnalis media ini via pesan WhatsApp, Selasa (6/6/2023), belum memberikan tanggapan hingga berita ini naik tayang.

Komentar

Loading...