poskomalut.com
baner header

Gula Pasir dan Minyak Goreng di Ternate Tembus Rp. 18.000 per kg

TERNATE-PM.com, Harga gula pasir di kawasan pasar Gamalama, Kecamatan Ternate Tengah nampaknya sudah mulai mengalami peningkatan sebelum memasuki bulan suci Ramadhan. Gula pasir yang biasanya dijual dengan harga Rp. 14.000/kilo, kini meningkat menjadi Rp. 18.000/ kilonya. Peningkatan tersebut belum diketahui pasti oleh pedagang, namun diprediksikan akan terus mengalami peningkatan.
Saat ditemui poskomalut.com di kawasan pasar Gamalama Bahari Berkesan, Sabtu (07/03/2020), Salah satu pemilik kios, Ibu Enti mengatakan, harga gula pasir tersebut mengalami peningkatan dikarenakan harga yang diambil per karung yang biasanya sekitar Rp. 720.000.00 , naik menjadi Rp. 840.000.00. “Gula pasir sekarang Rp.18.000.00, per kilo, harga sebelumnya itu Rp.14.000.00, . kalau per karung awalnya Rp.720.000.00, sekarang sudah naik menjadi Rp. 840.000.00,” terangnya.
Menurutnya, peningkatan harga gula baru terjadi di bulan ini pada tahun 2020. Harga tersebut menurutnya juga masih akan mengalami peningkatan apabila harga gula yang diambil pada Stok akan meningkat sampai mencapai 1 juta per karungnya. Stok gula yang di jual oleh mereka didapatkan dari toko-toko besar yang berada di kota Ternate sendiri. “Saya rasa akan meningkat lagi hingga 1 juta per karung menjelang Puasa nanti. Peningkatan juga baru terjadi di tahun ini,” tambahnya.
Selain gula pasir, peningkatan harga juga nampaknya terjadi pada minyak Goreng seperti jenis Bimoli. Harga minyak goreng Bimoli sebelumnya dijual dengan harga Rp.15.000.00, per kilo, kini meningkat menjadi Rp.18.000.00, per kilonya. “Minyak Bimoli juga meningkat, sekarang kita jual dengan harga Rp. 18.000.00, , ” tambahnya.
Menurutnya, Peningkatan harga yang terjadi biasanya sebelum menjelang bulan suci Ramadhan, selain itu juga salah satu faktor yang kuat adalah karena melemahnya angka rupiah dibandingkan dengan Dolar. “Sebelum puasa biasanya meningkat. Saya kira akibat virus Corona juga sehingga meningkat akibat ekspor dari luar yang dibatasi,” candanya.
Sementara itu. Salah satu pemilik kios eceran kepada poskomalut.com, juga membenarkan kenaikan harga gula pasir yang sementara terjadi. Ibu Saima mengatakan, harga Gula pasir hingga saat ini masih akan mengalami peningkatan harga, gula yang dijualnya dengan harga Rp. 15.000.00, kemudian naik menjadi Rp. 18.000.00, . Peningkatan harga gula pasir menurutnya akan terus terjadi hingga bulan Puasa nanti. Harga gula yang dijual sendiri berdasarkan harga yang diambil oleh mereka dari pemasok stok yang ada di Ternate. “Sekarang harga 830 ribu per karung. Harga tersebut dijual berdasarkan pendapatan yang akan kami terima juga. Menjelang puasa harga gula di taksirkan akan terus mengalami peningkatan karena sebelum puasa saja sudah naik. Minggu ini saja sudah dua kali naik dari harga sebelumnya 720 ribu,” tutupnya. (OP-red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: