ICMI Malut Sesalkan Pengelolaan Pendidikan yang Tak Becus

Wakil Ketua PWM Malut, Dr. Kasman Hi. Ahmad.

SOFIFI-pm.com, Penolakan Kepala Sekolah pada SMK Negeri 1 Kota Ternate mengundang perhatian ICMI Orwil Malut.

Ketua ICMI Orwil Maluku Utara, Dr. Kasman Hi. Ahmad, menandaskan bahwa penolakan Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Kota Ternate harus sejak awal disikapi instansi terkait dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) provinsi.

"Penetapan Kepala Sekolah SMK Negeri 1 seolah mengabaikan aspirasi dari bawah, terutama para guru. Ini berarti Dikbud Provinsi Maluku Utara sengaja memancing di air keruh," ujar Dr Kasman, Minggu (4/6/2023) di Ternate.

Dalam pandangan Kasman, pengelolaan pendidikan di Maluku Utara sudah tidak lagi didasarkan pada prinsip nilai-nilai pendidikan yang mencerahkan dan beretika. Sebaliknya menurut mantan Rektor UMMU itu justru melukai nilai pendidikan.

Dirinya menilai apa yang dipertontonkan dengan pengangkatan Kepsek SMKN 1 sebenarnya telah menelanjangi borok pada Dikbud Provinsi Malut. Dirinya bahkan mendesak Gubernur KH Abdul Gani Ksuba (AGK) segera mengevaluasi para pejabat di Dikbud Malut.

"Harusnya orang-orang di Dikbud Provinsi Malut dievaluasi. Mereka justru tidak memahami akar pengelolaan pendidikan. Ini sudah politis. Pak gubernur wajib menakar ulang mereka yang di Dikbud," pinta Kasman dengan tegas.

Demi masa depan pendidikan di SMKN 1, lanjut Kasman, pengangkatan Kepsek harus dibatalkan.

“Ini demi kelanjutan proses belajar di SMKN1, bila tidak ini menjadi preseden buruk bagi akhir periode Gubernur AGK,” tukasnya.

Komentar

Loading...