Lahan Milik Kades Linggua Diserobot PT TUB

Kades Linggua Joni Bobane

JAILOLO-PM.com, Lahan miliki Kepala Desa Linggua, Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) diserobot perusahan PT.Tri Usaha Baru. Akibatnya Joni Bobane Kepala Desa Linggua melaporkan pihak PT.Tri Usaha Baru (TUB) ke Polda Malut.

Joni Bobane ditemui wartawan, Senin (22/2) mengatakan, pihaknya secara resmi sudah melaporkan PT.Tub ke Polda Malut. "Informasi sampai saat ini pihak PT.TUB sudah dua kali dipanggil Diskrimsus Polda Malut untuk dimintai keterangan," kata Kades Linggua.

Dari luasan areal lahan miliknya yang mencapai 1200 hektar, diantaranya yang berlokasi di Gogoroko dan Desa Bakun Pantai. Disentil berapa hektar dugaan penyerobotan yang dilakukan PT.Tub dirinya menyebutkan nanti dilihat koordinatnya.

Ia mengaku jika dugaan kasus penyerobotan lahan oleh PT.TUB tidak diselesaikan secara baik oleh pihak Polda maka dirinya bakal menempuh jalur pengadilan.

Ia juga menyebutkan sesuai alat bukti yang telah dikantonginya yaitu sesuai ketetapan surat kepala daerah Maluku Utara tahun 1971 dan surat kesultanan tahun 1999. "Itulah yang menjadi dasar sampai dimana pun saya tetap mengadu," tegas Joni.

Sebelumnya dirinya menyebutkan aktifitas pertambangan ini tanpa ada koordinasi oleh pihak perusahaan kepada dirinya selaku salah satu ahli waris lahan tambang tersebut.

"Perusahaan beralasan mereka berdasarkan izin dari Kementerian Pertambangan, sedangkan kami ahli waris tidak pernah ada pemberitahuan secara resmi ataupun koordinasi oleh perusahaan.Tentunya selaku ahli waris tidak menerima baik," tutupnya. (wm01/red)

Komentar

Loading...