poskomalut.com
baner header

Pelaku Usaha Pemula di Ternate Bakal “Mandi Uang”

TERNATE-PM.com, Ini kesempatan bagi para pelaku usaha pemula di Kota Ternate. Pasalnya di tahun ini, pemerintah menggelontorkan bantuan stimulan kepada wirausaha pemula, untuk memperkuat modal awal usaha dalam mendukung kesejahteraan masyarakat.

Bantuan bagi wirausaha pemula ini, melalui Kementerian Koperasi dan UKM melalui deputi bidang pembiayaan yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).

“Bantuan ini diberikan kepada perorangan skala usaha mikro dalam bentuk uang tunai yang ditransfer ke rekening penerima bantuan pemerintah. Besaran bantuan Rp.7 juta,” ungkap Kadis Koperasi dan UMKM Kota Ternate, Hadi Bahrudin.

Bagi wirausaha pemula yang dapat menerima bantuan ini, adalah orang per orang yang memiliki usaha dan atau rintisan usaha yang berpotensi untuk dikembangkan kapasitas usahanya. Disamping itu, pewirausaha harus memiliki rintisan usaha produktif yang telah berjalan minimal 6 dan maksimal 3 tahun.

“Calon penerima bantuan juga belum pernah menerima bantuan dana yang sejenis dari Kemenkop-UKM yang dibuktikan dengan surat pernyataan tertulis dari yang bersangkutan.Sedangkan untuk pengecakan bisa langsung melalui aplikasi,” paparnya.

Khusus untuk permohonan bantuanbagi pelaku usaha pemula, berdasarkan persyaratan maksimal berusia 45 tahun dengan pendidikan minimal Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) atau sederajat, serta memiliki legalitas usaha berupaya Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) atau surat keterangan domisili dari kelurahan setempat.

“Pengajuan bantuan ini juga harus memiliki sertifikat pembekalan kewirausahaan maksimal 2 tahun,prioritasnya lebih kepada pelaku usaha home industri, misalnya pengrajin yang bisa mendatangkan tenaga kerja,” sambungnya.

Para pelaku usaha pemula juga diwajibkan untuk melampirkan dokumen lainya, diantaranya, KTP, KK dan NPWP, serta proposal yang minimal berisi identitas pengusul, informasi usaha, perhitungan laba atau rugi, rencana penggunaan dana dan foto aktivitas usaha. Dimana, berbagai persyaratan yang diwajibkan untuk dilengkapi itu, selanjutnya disampaikan ke dinas untuk selanjutnya disampaikan ke pusat.

“Jadi bantuan ini sifatnya juga terbatas. Yang pasti Kota Ternate juga kebagian. Soal quotanya berapa banyak, penentuanya melalui pusat. Dan saat ini kami juga sementara melakukan pendataan, setelah itu disampaikan ke pusat untuk melakukan verifikasi,” tambahnya.

Selain bantuan bagi pelaku wirausaha pemula, ada juga bantuan presiden (banpres) bagi pelaku usaha mikro. Dimana untuk bantuan banpres sendiri ditahun kemarin yang diusulkan sebanyak 30 ribu. Hanya saja secara keseluruhan belum ada yang menerima, sehingga tahun ini dipastikan juga ada penyaluran yang berdasarkan pengusulan sebanyak 17 ribu pelaku usaha mikro.

“Khusus untuk banpres bagi pelaku usaha mikro ditahun ini, nilainya menurun sebesar Rp.1,2 juta yang ditransfer langsung melaiui rekening penerima,” akhirnya. (ata/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: