poskomalut.com
baner header

Pemkab Halut Ekspose Capaian Pembangunan 2019

TOBELO-PM.com, Eskpose pencapaian pembangunan selama empat tahun kepemimpinan Bupati Kabupaten Halmahera Utara (Halut) Frans Manery dan Wakil Bupati Muchlis Tapi Tapi, Rabu (11/12/2019) mendapat tanggapan positif dari sejumlah Masyarakat. Ekspose dilakukan di Gedung Do Omu Matau Kawasan Pemerintahan Halut.

Ekspos pencapaian pembangunan yang bertajuk, pembangunan Halut yang adil dan berkelanjutan diperkuat pembangunan yang berkeadilan mencakup tata Kelola pemerintahan, peningkatan kualitas pelayanan publik, serta peningkatan perekonomian yang memadai.

Ketua panitia Ekpose pembangunan Decky Tawaris dalam laporannya mengatakan, ekspose program pembangunan dimaksudkan agar masyarakat atau publik mengetahui kegiatan pembangunan di daerah ini. kegiatan yang berlangsung tiap tahun ini dengan menghadirkan satker di lingkungan Pemkab Halut, untuk memaparkan program pembangunan tiap tahun, serta evaluasi pelaksanaan program tiap tahun berjalan. “Di tahun ini tepat pada 3 tahun 10 bulan kepemimpinan Bupati Frans Manery dan Muchlis TapiTapi, kami mencoba membuatnya sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dimana Ekspose kali ini, dibuat secara sederhana dengan menghadirkan pemutaran video sebagai laporan pencapaian pembangunan selama 3 tahun 10 bulan memasuki tahun ke 4, masa kepemimpinan Bupati Frans Manery dan wakil Bupati Muchlis TapiTapi ,” jelas Decky.

Sementara Bupati Halut, Frans Manery dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan tersebut mengatakan, tujuan pelaksanaan kegiatan ini, untuk menginformasikan kepada publik tentang program dan kegiatan pelayanan kemasyarakatan telah dilaksanakan selama 3 tahun 10 bulan. “Semua ini agar masyarakat Halut mengetahui dan mengevaluasi secara langsung apa saja yang telah kami kerjakan dan yang belum kami kerjakan,” kata Frans .
Bupati juga menjelaskan, dirinya bersama muhclis TapiTapi dengan niat tulus berupaya melakukan pembangunan Halut di antaranya, melakukan reformasi birokrasi melalui tatakelola pemerintahan yaitu, melakukan assesmen dan talentpool untuk pengangkatan esalon II, III dan IV sekaligus melakukan pengangkatan bagi tenaga kontrak daerah yang terdiri tenaga guru 425 orang, kesehatan 247 orang, tenaga administrasi dan cleaning service sebanyak 903 orang.

Bupati juga menjelaskan, dirinya bersama wakil bupati Muchlis menghadirkan pelayanan terpadu satu atap dengan membuat mall pelayanan publik sebagai fungsi mempercepat pelayanan bagi masyarakat baik izin usaha, pengurusan KTP/KK maupun pengurusan izin lainnya, serta membangun infrastruktur jalan sepanjang 267.9 KM, khususnya pembangunan jalan di ruas jalan salimuli-apulea sepanjang 94,74 KM, jembatan sepanjang 108,80 M (134 buah jembatan), drainase 13,93 km, talud 4.844 Km, jaringan irigasi 15,299 KM serta membangun sarana air bersih terhadap 74.966 jiwa.

Bupati Frans menambahkan, pembangunan sarana dan prasarana kesehatan juga dibangun berupa pembangunan Puskesmas baru yaitu puskesmas supu loloda Utara, Puskesmas bobane igo Kao teluk, serta meningkatkan status puskesmas melalui akreditasi dan ditingkatkan menjadi rawat inap dan peningkatan sarana prasarana rumah sakit tipe D ke tipe C serta melakukan revitalisasi bangunan bedah sentral, ruang IGD, ruang ICU serta pengadaan MOT, serta alat-alat canggih lainnya dan peningkatan pelayanan di RSU Tobelo.

Ia mengatakan, telah melakukan peningkatan dan pembenahan rumah sakit bergerak serta mendorong peningkatan rumah sakit lainnya di Halut. Membangun perumahan sebanyak 100 unit untuk 100 KK ,dan membangun rumah susun 3 lantai yang dihuni 48 KK, memberikan bantuan stimulan perumahan kepada 1.162 KK, membangun sarana dan prasarana pendidikan paud sebanyak 93 unit, SD 5 Unit dan SMP sebanyak 4 unit selanjutnya pembangunan UKS dan rehabilitasi sekolah sebanyak 202 sekolah, membangun Sarana olahraga berupa GOR. Serta dalam sektor transportasi dan komunikasi Pemda telah memberikan bantuan sarana dan prasarana transportasi laut berupa long boad dan speed boad pada daerah terisolir.

Selain itu, Pemda melalui kementrian perhubungan telah membangun dermaga desa Dama loloda kepulauan dan posi-posi loloda Utara, membangun tambatan perahu yang tersebar dibeberapa kecamatan seperti loloda Utara,loloda kepulauan ,Tobelo timur dan lainnya. Selain itu juga, mengalokasikan anggaran dengan mendorong kementrian perhubungan serta kementrian terkait lainnya untuk meningkatkan pembangunan bandara udara kuabang Kao menjadi bandar udara klas III terbaik di Indonesia dan bandara Gamarmalamo Galela, serta peningkatan sara prasarana telekomunikasi berupa pengadaan tower sebanyak 9 unit yang di khususkan untuk daerah terpencil dan terisolir untuk akses komunikasi.

Bupati frans juga menjelaskan, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Halut dirinya bersama Muchlis telah membangun pusat industri kecil di Kao Utara, pembangunan infrastruktur pasar Wosia Tobelo, Galela, Kao, Malifut dan loloda Utara , dan dalam peningkatan produksi pertanian dan perikanan dengan membangun jalan tani , mencetak sawa baru seluas 720 Ha, memberikan bantuan bibit pala dan cengkeh sebanyak 219.000 pohon, bawang merah 3000 kg, Sapi 344 ekor, dan sapi IB sebanyak 1.439 ekor kepada kelompok tani, membangun pusat enseminasi buatan di tobelo selatan , serta bantuan sarana dan prasarana tangkap untuk nelayan dan masih banyak lagi yang telah kami lakukan ,tergantung dalam prespektif mana kita melihat dan menilai apa yang telah kami lakukan.

Bupati Halut, Ir Frans menery juga menyampaikan bahwa menuju 4 tahun masa kepemimpinan nya bersama Muchlis TapiTapi, masih banyak yang belum di lakukan seperti jembatan khusus untuk jalan Galela Utara -Loloda Utara, dan pembangunan sarana prasarana pendidikan, kesehatan, telekomunikasi,balai latihan kerja, dan lainya.

Frans dalam akhir sambutanya menyampaikan permohonan maaf khususnya kepada seluruh masyarakat Halut , jika dalam kepemimpinannya bersama Muchlis TapiTapi belum dapat memenuhi seluruh kebutuhan masyarakat yang ada di 17 kecamatan dan 196 desa.tak lupa juga Frans menyampaikan terima kasih kepada stakeholders dan pihak-pihak,yakni pimpinan dan anggota DPRD Halut periode 2014-2019 atas fungsi legislasinya , serta anggota DPRD Halut periode 2018-2024 ,TNI, POLRI, Kejaksaan,Pengadilan, dan instansi vertikal lainnya serta para pihak swasta yang telah mendampingi Pemda selama ini dalam menjalankan roda pembangunan di daerah ini.

Di akhir sambutanya Bupati Halut Frans menery mewakili pemerintah daerah mengucapkan selamat menyongsong Natal 25 Desember 2019 dan tahun baru 01 Januari 2020 bagi umat kristiani yang ada di Halmahera Utara. “Semoga Tuhan yang maha Esa senantiasa melimpahkan kekuatan, bimbingan dan petunjukNYA, guna melanjutkan misi pembangunan bagi kesejahteraan seluruh masyarakat Halut,” ucap Bupati Frans.

Untuk di ketahui pelaksanaan ekspose pembangunan daerah Halmahera Utara menjawab tahun 2019, dirangkaikan langsung dengan pelaksanan Grand Final Chrismast Idol dan di Natal Oikumene Pemda Halut . (mar/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: