Pemprov Malut Kesulitan Kantongi Data Kendaraan PT IWIP

Ilustrasi.

SOFIFI-PM.com,  PT IWIP diduga tutupi data kendaraan perusahaan ke Pemerintah Provinsi Malut. Buktinya sampai saat ini pemprov masih kesulitan mendapatkan data kendaraan, padahal sudah dua kali berkoordinasi langsung ke perusahaan yang beroperasi di Halteng tersebut, namun hasilnya nihil.

Kepala Badan Pendapatan Daerah, Zainab Alting membenarkan data kendaraan sampai sekarang belum diberikan PT IWIP,  rencananya tim Optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (OPAD) bakal diturunkan kembali ke PT IWIP untuk meregitrasi data kendaran. Sebab, kata dia, yang dikantongi BadanPendapatan saat ini merupakan data lama.

”Data yang kami kantongi ini data lama. Jadi ada rencana turun ulang, karena beberapa kali kami minta data, namun sampai saat ini belum diberikan,” katanya.

Ia menjelaskan, sudah dua kali Tim OPAD turun langsung ke PT IWIP, namun permasalahan  kendaraan PT IWIP tidak diregistrasi ke Direktorat Lalu Lintas Polda Malut. Padahal, sebelumnya wakil gubernur (Wagub) juga terjun langsung ke perusahaan nikel tersebut, namun sampai sekarang belum ada hasil.

“Memang sudah dua kali ke PT IWIP dengan wagub  dan DPRD, torang punya tim OPAD sudah  upaya turun bersama Polda. Torang mau bikin penetapan di dorang untuk bayar, harus ada registrasi dulu dari Dirlantas Polda. Kalau kendaraan belum registrasi, maka belum bisa buat   penetapan a tau Surat Ketetapan Pajak Daerah (SKPD). Kalau sudah penetapan, maka wajib untuk membayar,” ungkap Zainab.

“Ketika tong turun minta data ini, memang direspon. Diberikan data ini, tapi tong belum bisa bikin penetapan karena belum diregistrasi pihak kepolisian dan turun bersama lantas karena ada intruksi bersama (Inbers),” sambungya.

Menurutnya, regulasi yang harus diperkuat dengan merevisi perda pajak dan retribusi daerah, sehingga tindakan tegas bisa diambil.

Komentar

Loading...