Agus : Gubernur Harus Evaluasi Kadis DKP Malut

Praktisi Desak Kepala DKP Malut Diperiksa APH

Kantor DKP Malut.

TERNATE-pm.com, Sederet kasus korupsi di Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Maluku Utara (Malut) yang mulai mencuat disoroti Praktisi Hukum, Agus R Tampilang.

Agus kepada awak media mengatakan, Kejaksaan Tinggi dan Polda sudah seharusnya memanggil dan memeriksa Kepala DKPerikanan, Abdullah Assagaf.

Menurutnya, beberapa kasus korupsi seperti pengadaan Kapal Billfhis sudah seharusnya menjadi atensi penegak hukum.

"Saya kira masalah yang sudah terendus kepublik atas dugaan korupsi yang melekat di DKP harus diperiksa penegak hukum. Apalagi ada dugaan proyek yang tidak didukung dengan dokumen perencanaan, tentunya patut diduga ada arahan-arahan tertentu agar kapal-kapal tersebut dikelola secara pribadi,” ungkapnya saat ditemui di Ternate, Selasa (28/8/2023).

Agus juga menilai, praktek nepotisme atau bagi-bagi proyek 2023 senilai Rp26.8 miliar merupakan perbuatan melawan hukum. Untuk itu, penyidik harus segera menelusuri lebih dalam dugaan tersebut.

Ia juga meminta kepada Gubernur Malut, KH Abdul Gani Kasuba mengevaluasi kepala OPD, ternasuk Kepala DKP yang dianggap bertabur masalah jelang masa akhir jabatan.

"Kalau dia (gubernur) tidak mengevaluasi, sudah pasti akan membahayakannya setelah meninggalkan jabatannya. Dengan demikian kalau ingin bersih-bersih segera copot kepala OPD yang bermasalah," pinta Agus.

Komentar

Loading...