Sekprov Malut Harap Job Fair Kurangi Pengangguran

Sekprov Malut, Samsudin A Kadir saat berada di lokasi Job Fair. (Istimewa).

SOFIFI-pm.com, Pemerintah Provinsi Maluku Utara membuka Job Fair 2023 dengan jumlah lowongan mencapai 30 ribu, Selasa (19/9/2023).

Ribun pencari kerja memadati Pelataran Taman Sultan Ternate di Sofifi. Total Pendaftar pencari kerja baik online maupun Offline sebanyak 4.715 orang.

Sekretaris Daerah Provinsi Malut, Samsuddin Abdul Kadir menyebut angka pengangguran terbuka mengalami penurunan di 2022 hingga mencapai 3,98 persen, serta Tingkat Partisipasi Angkatan kerja (TPAK) masyarakat Maluku Utara juga terus mengalami peningkatan sejalan dengan bertambahnya jumlah penduduk berusia 15 tahun atau usia angkatan kerja.

Hal ini kata Sekprov, dapat dilihat dari data BPS tahun 2023, perekonomian Maluku Utara tumbuh 17,74 persen serta konsisten mengalami pertumbuhan yang tinggi meskipun mengalami deselerasi dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai 23,28 persen. 

“Pemerintah Provinsi Maluku Utara terus berupaya menekan angka pengangguran dan kemiskinan di daerah dengan berbagai upaya untuk mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Sekprov Malut mengapresiasi kegiatan job fair ini, sebagai wujud kehadiran pemerintah dalam memberikan kesempatan kepada masyarakat khususnya para pencari kerja untuk memasukan lamaran sesuai dengan perusahaan yang diminati.

“Ini merupakan kesempatan emas untuk pencari kerja dalam mengembangkan diri dan meningkatkan kualitas serta daya saing baik di dalam maupun di luar negeri guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Maluku Utara,”terangnya. 

Disamping itu, ia juga berharap melalui Sofifi JIB Fair 2023, perusahaan bisa mendapatkan tenaga kerja sesuai dengan kebutuhan perusahaan yang berasal dari tenaga kerja lokal yang memiliki kompeten.

Komentar

Loading...