Siswa-Sisiwi SMA Antusias Ikuti Pasantren Ramadan Dikbud Malut

Ratusan siswa-siswi SMA/SMK se-Maluku Utara antusian ikuti pasantren ramadan.(istimewa).

SOFIFI-pm.com, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Makuku Utara (Malut) kembali menggelar pasantren ramadan 1444 H/2023 M.

Pasantren ramadan yang sudah menjadi agenda rutin Dikbud Malut setiap bulan puasa itu kali kembali dipusatkan di Masjid Agung Al-Munawar Kota Ternate, Senin (27/3/2023).

Adapun peserta pasantren ramadan kali ini yakni siswa-siswi SMA, SMK dan SLB se-Provinsi Maluku Utara.

Kepala Dikbud Malut, Imam Makhdi dalam sambutanya yang dibacakan Sekretaris Dinas, Fahmi Alhabsy mengatakan, tujuan kegiatan tersebut untuk penguatan pendidikan keagamaan.

Lanjutnya, bulan ramadan menjadi momentum yang sangat tepat untuk merevitalisasi kembali nilai-nilai spritual.

Puasa ramadan dipakai sebagai sarana untuk revolusi mental dan karakter dengan melakukan latihan, pembiasaan, agar manusia lebih terbiasa mengenal kewajibannya, berlatih kejujuran, sabar, memiliki kepekaan dan tanggung jawab sosial.

“Bulan ramadan merupakan sarana untuk membina, melatih, atau membentuk kepribadian manusia, agar menjadi pribadi unggul yang bertaqwa kepada Allah SWT,” ujarnya.

Lanjut Fahmi, dalam ibadah puasa juga melatih untuk meningkatkan kedisiplinan melalui pengaturan hidup sehari-hari, dalam artian mematuhi semua aturan yang berlaku dalam kehidupan, baik itu norma-norma agama, atauran negara, maupun norma-norma di masyarakat.

“Karena itu, ramadan menjadi sarana untuk mendidik, melatih, membimbingdan penanaman nilai-nilai karakter,” tutur Fahmi.

Ia berharap, pasantren ramadan akan menjadi momentum bagi satuan pendidikan di Maluku Utara untuk dapat melakukan pembinaan penguatan pendidikan karakter secara berkelanjutan, sehingga dapat menghasilkan peserta didik yang berkarakter, cerdas secara Intelektual dan kuat secara spiritual.

Komentar

Loading...