poskomalut.com
baner header

Guna Merawat Rupiah, BI Malut Gencar Sosialisasi 5J

TERNATE-PM.com, Kepala unit Pengelolaan uang rupiah Bank Indonesia Perwakikan Maluku utara (Malut) Devi Tirta Maulana menyebutkan, BI selalu gencar melakukan sosialisasi dan ekukasi ke masyarakat.

Menurutnya, BI Malut sebagai salah satu otoritas yang berwenang mengeluarkan dan pembayaran yang sah, maka selalu menghimbau kepada masyarakat dan pegawai bank untuk tidak melakukan stepler (hekter) uang kertas.

Bahkan, dirinya mengaku, BI saat ini tengah mengedukasi kepada masyarakat untuk pembayaran secara tunai dengan melakukan tindakan 5 Jangan (Lima J) yakni jangan dibasahin, jangan disteples/hekter, jangan diremas, jangan dilipat, dan jangan dicoret. “5J kami sosialisasikan kepada masyarakat dengan maksud masyarakat juga bisa menjaga kehormatan, dan merawat rupiah. Karena rupiah sama halnya dengan kedaulatan negara, maka jika kita menghormati rupiah itu berarti kita juga menjaga kedaulatan negara Indonesia,” jelas Devi.

Saat ini, Deci mengatakan, BI terus melakukan eduakasi kepada masyarakat. Sebab seperti yang sudah tercantum dalam Undang-undang nomor 7 tahun 2011 dimana sudah diatur, bahwa rupiah merupakan simbol kedaulatan negara Indonesia yang sama kedudukannya dengan bendera Indonesia.

Untuk itu, dirinya menambahkan, BI Malut terus melakukan sosialisasi dan edukasi salah satunya dengan jargon 5 J tersebut. Dia juga menambahkan bahwa edukasi tidak hanya dilakukan pada masyarakat tapi langsung kepada bank-bank juga melakukan asistensi guna mengecek langsung pengelolaan uang yang dilakukan oleh bank tersebut.

“Kami dari BI dalam periode tertentu juga melakukan asistensi ke bank-bank guna melihat langsung cara pengelolaan uang, sortasi uang dan bagaimana petugas bank memperlakukan olahan uang,” ungkapnya.

Jika kedapatan bank yang melakukan stepler uang, maka kami akan memberikan edukasi lebih lagi. (cha/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: