poskomalut.com
baner header

Kemenperin Sambut Baik Usulan Wabup Halteng

JAKARTA-PM.com, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memberi sinyal bakal mendukung sejumlah usulan pemerintah Halmahera Tengah, yang diusulkan Wakil Bupati Abdul Rahim Odeyani, pada kegiatan temu dialog pengembangan kawasan industri prioritas usulan RPJMN 2020-2024.
Salah satu usulan yang disampaikan Wabup Abdul Rahim Odeyani, yang ikut ditanggapi adalah pembangunan pusat pendidikan pelatihan berupa politeknik di Halteng.

Direktur Perwilayahan Industri, Kemenperin Ignatius Warsito, mengatakan pemerintah akan membangun pusat pendidikan yang diusulkan pemerintah daerah, tentu lewat mekanisme yang ada, karena saat ini ada intensif pajak pendidikan 300 persen dan intensif pajak pusat inovasi 200 persen.

“Butuh masukan dari pada pemerintah daerah, apa sih sebenarnya yang dibutuhkan oleh teman-teman pemerintah daerah. Inikan terkomunikasi dicatat Bappenas, dicatat Menko untuk hal-hal yang di kami. Misalnya, pusat pendidikan minta di bangun ya kita akan bangunkan,”kata Direktur Perwilayahan Industri, Kemenperin Ignatius Warsito, ketika diwawancarai, Selasa (10/12).

Untuk Halmahera Tengah, kata dia, harapan kita dari kementerian bukan hanya membangun politekniknya saja, melainkan juga membangun pusat inovasinya karena di Halmahera banyak mineral-mineralnya, dan ini bisa jadi nilai tambah disitu.
“Untuk IWIP di Halmahera Tengah, juga salah satu prioritas Pemerintah, karena disana ada basisnya sumber daya alam mineral. Sehingga insfrastruktur jalan dan jembatan juga harus di perhatikan demi mendukung kemajuan industri dan daerah yang masuk dalam kawasan industri,”ujar Warsito.

Menurut Warsito, usulan Wakil Bupati Halmahera Tengah terkait tenaga kerja disambut positif, karena ini juga menjadi salah satu mimpi presiden.
“Terkait dengan tenaga kerja kita sangat positif karena kita pingin sumber daya manusia unggul yang dicerdaskan. Seperti mimpi Presiden itu bisa terdistribusi di seluruh indonesia terutama di bagian timur indonesia,”jelasnya.

Bahkan kemenperin pun berharap tidak hanya putra daerah saja nanti, tapi pemerintah pusat akan berkontribusi untuk membangun pusat pendidikan berupa politeknik.
“Makanya kitapun berharap tidak hanya putra daerah saja nanti, tapi pemerintah pusat akan berkontribusi untuk membangun pusat pendidikan itu berupa politeknik. Ya silahkan usulkan ke pemerintah pusat untuk di fasilitasi pembangunannya,”ucapnya.(msj/red).

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: