poskomalut.com
baner header

Usai Tahun Baru Harga Bapok Di Pasar Kota Baru Naik

Rica Alus Tembus Rp 120 Ribu Perkilo

TERNATE-PM.com, Usai tahun baru 2021 sejumlah harga Bahan Pokok (Bapok) seperti cabe rawit, minyak goreng kelapa, tempe dan tahu terjadi perubahan harga kenaikan di pasar Kota Baru Kecamatan Ternate Tengah.

Aisha salah satu pedagang pasar Kota Baru, kepada Poskomalut.com, Sabtu (9/1/2021) mengatakan, yang mengalami kenaikan harga seperti cabe rawit (rica alus) dari harga Rp. 40.000 perkilogram menjadi Rp.120.000 perkilogram, minyak goreng kelapa sebelumnya harga Rp. 20.000 berubah harga Rp.28.000, tempe Rp. tadinya Rp.5000, 3 bungkus menjadi Rp.10.000 3 bungkus dan tahu Rp.5000 3 bungkus menjadi Rp.10.000 3 bungkus.

“Sedangkan tomat masih Rp.15.000 perkilogram, bawang merah Rp.50.000 dan bawang putih Rp.40.000 dan itu tidak mengalami kainkan harga, sehingga masih normal,”katanya

Menurutnya, penyebab kenaikan harga komoditi ini seperti cabe rawit, tempe, tahu ,karena persedian stock kosong di pabrik, sedangkan tempe dan tahu dirinya beli di pengecer mereka parkir di pasar Higienies, kalau cabe biasanya di antar langsung ke pasar mulai dari Halmahera dan Kota Manado

“Mungkin sekarang ini pemilik kebun cabe belum panen, sehingga stok terbatas,”ujarnya

Sedangkan Masrina yang juga bedagang mengaku harga minyak goreng kelapa memang mengalami kenaikan dan ini naik harga berpatokan pada harga kelapa dan kopra.

”Kalau itu naik petani kelapa lebih memilih bikin kopra ketimbang masak minyak kelapa,”ujarnya

Lanjutnya, harapan dirinya agar pemerintah tetap memperhatikan stock Bapok yang langkah di pasar, agar jangan terjadi kenaikan harga supaya masyarakat ketika harga stabil daya belinya bertambah bukan menurun.(Mg02/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: